Rabu, 04 September 2013

Alat-alat kimia beserta fungsinya



Buret
Perlu sobat ketahui alat yang 1 ini namanya Buret, pasti udah ngga familiar buat sobat-sobat yang suka melakukan percobaan di laboratorium. Buret biasanya digunakan untuk meneteskan sejumlah reagen cair dalam eksperimen yang memerlukan presisi, seperti pada titrasi. 





Tabung reaksi 
Tabung reaksi adalah sebuah tabung yang terbuat dari sejenis kaca atau plastik yang dapat menahan perubahan temperatur dan tahan terhadap reaksi kimia. Tabung reaksi disebut juga Test Tube atau Culture tube. Tabung reaksi ini ada yang dilengkapi dengan tutup ada juga yang tanpa tutup. Culture tube adalah tabung reaksi tanpa bibir yang biasanya digunakan untuk pembiakan mikroorganisme dalam medium cair. Tabung reaksi ini juga terdiri dari berbagai macam ukuran tergantung kebutuhan.

Fungsi tabung reaksi antara lain adalah:
  • Sebagai tempat untuk mereaksikan bahan kimia
  • Untuk melakukan reaksi kimia dalam skala kecil
  • Sebagai tempat perkembangbiakan mikroba dalam media cair







Cawan Petri 
Cawan Petri atau telepa Petri adalah sebuah wadah yang bentuknya bundar dan terbuat dar iplastik atau kaca yang digunakan untuk membiakkan sel. Cawan Petri dibuat dalam satu set. Cawan yang berukuran kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya. Cawan petri ada yang terbuat dari plastik (sekali pakai) ada juga yang terbuat dari kaca borosilikat yang tahan panas, biasanya untuk dimasukan kedalam autoclaved.
Cawan Petri diciptakan oleh Julius Richard Petri, seorang hali bakteri / mikrobiologi berkembangsaan Jerman pada tahun 10877.  Istilah cawan Petri itu sendiri diambil dari nama belakangnya.


Fungsi cawan petri :
  • untuk pembiakan bakteri dalam laboratorium mikrobiologi
  • sebagai tempat untuk menimbang bahan
  • untuk mengeringkan bahan sample




Desikator
Desikator adalah sebutan lain dari Eksikator. Yaitu sebuah alat yang terbuat dari kaca  berbentuk panci bersusun dua yang bagian bawahnya diisi bahan pengering seperti silika gel sehingga pengaruh uap air selama pengeringan dapat diserap oleh silika gel tersebut.  Karena terbuat dari kaca yang tebal, maka Desikator tergolong peralatan laboratorium yang berbobot. Terutama karena penutup yang sulit dilepas dalam keadaan dingin karena dilapisi vaseline.

Fungsi desikator :
  • Tempat menyimpan sampel yang harus bebas air
  • Mengeringkan dan mendinginkan sample yang akan di gunakan untuk uji 




 Labu Ukur
Labu Ukur atau Volumetrik flask adalah sebuah alat laboratorium yang berbentuk bulat di bagian bawah dengan leher yang panjang. Bentuknya mirip buah labu yang bertangkai panjang.  Labu ukur umumnya memiliki kapasitas antara 5 mL sampai 5 L. 
Dalam rangka melakukan kerja rutin di laboratorium, terkadang sebuah bahan yang akan dianalisa terlalu pekat dan perlu diencerkan terlebih dahulu. Dan untk itu diperlukan wadah seperti labu ukur yang dapat membantu kita melakukan pengenceran bahan tanpa perlu bersusah payah mencari wadah yang tepat lengkap dengan skala ukurannya.

Fungsi labu ukur :
  • Fungsi utama labu ukur adalah untuk mengencerkan suatu bahan. 



Pipet
Pipet adalah alat berbentuk silinder kecil dan panjang mirip dengan sedotan. Terbuat dari bahan gelas yang dilengkapi dengan ukuran dalam mililiter (ml). Secara umum Pipet berfungsi untuk memindahkan suatu volume cairan dari satu tempat ke tempat yang lain. Pipet sangat beragam bentuk dan kegunaanya. Berikut ini jenis-jenis pipet dan fungsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar